Jika iPhone atau iPod touch tidak dapat mengisi daya

Jika baterai tidak dapat mengisi daya atau pengisian daya berlangsung lambat, atau jika Anda melihat pesan peringatan, ketahui tindakan yang dapat dilakukan.

Menyambungkan ke sumber listrik

Untuk mengisi daya perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan perangkat ke kabel USB yang disertakan.
  2. Sambungkan ke salah satu dari tiga sumber daya berikut:

Stopkontak dinding

Sambungkan kabel pengisi daya USB ke adaptor daya USB, lalu colokkan adaptor ke stopkontak dinding.

Komputer

Sambungkan kabel pengisi daya ke port USB 2.0 atau 3.0 yang aktif dan tidak dalam mode tidur. Jangan gunakan port USB di keyboard.

Aksesori daya

Sambungkan kabel ke hub USB yang dialiri daya, stasiun dock, atau aksesori besertifikasi Apple lain.

Jika Anda mencoba mengisi daya secara nirkabel dengan iPhone 8 atau versi lebih baru, pastikan terlebih dahulu Anda dapat mengisi daya menggunakan adaptor dan kabel USB yang disertakan dengan perangkat. Jika metode tersebut berhasil, dapatkan bantuan terkait pengisian daya nirkabel. Untuk aksesori pihak ketiga, periksa apakah aksesori tersebut memiliki sertifikasi Apple.

Ikon pengisian daya di iOS

Saat perangkat diisi daya, Anda akan melihat ikon petir di sebelah ikon baterai di bar status, atau ikon baterai besar di layar Terkunci.

  • Pengisian daya perangkat berjalan lambat atau perangkat tidak dapat mengisi daya

  • Pengisian daya perangkat saya berhenti saat dayanya mencapai 80 persen

  • Terdapat Pesan Aksesori Tidak Didukung atau Tidak Disertifikasi

Jika pengisian daya perangkat berjalan lambat atau perangkat tidak dapat mengisi daya

Gunakan langkah-langkah berikut, lalu coba lagi setelah melakukan setiap langkah:

  1. Periksa kabel pengisi daya dan adaptor USB terkait tanda-tanda kerusakan, seperti ujung yang retak atau bengkok. Jangan gunakan aksesori yang rusak.
    Kabel Lightning ke USB dan adaptor dinding USB
  2. Gunakan stopkontak dinding, lalu pastikan sambungan erat pada kabel pengisi daya, adaptor dinding USB, dan stopkontak dinding, atau kabel daya AC, atau coba stopkontak lain.
  3. Bersihkan debu dari port pengisi daya di bagian bawah perangkat, lalu sambungkan kabel pengisi daya ke perangkat dengan kuat. Jika port pengisian daya rusak, perangkat Anda mungkin perlu diservis.
  4. Isi daya perangkat selama setengah jam.
  5. Jika masih tidak merespons, mulai ulang paksa perangkat Anda:
    • iPhone 8 atau versi lebih baru dan iPhone SE (generasi ke-2): Tekan dan lepas dengan cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas tombol Volume Turun dengan cepat. Tekan terus tombol Samping hingga Anda melihat logo Apple.
    • iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod touch (generasi ke-7): Tekan dan tahan kedua tombol Samping (atau Atas) dan tombol Volume Turun hingga Anda melihat logo Apple.
    • iPhone 6s atau versi lebih lama, iPhone SE (generasi ke-1), dan iPod touch (generasi ke-6) atau versi lebih lama: Tekan dan tahan kedua tombol Samping (atau Atas) dan tombol Utama hingga Anda melihat logo Apple.
  6. Isi daya perangkat lagi selama setengah jam.
  7. Jika perangkat masih tidak dapat dinyalakan atau diisi daya, bawa perangkat, kabel pengisi daya, dan adaptor pengisi daya ke Apple Retail Store atau Penyedia Servis Resmi Apple untuk diperiksa. Anda juga dapat menghubungi Dukungan Apple.

Jika perangkat Anda berhenti mengisi daya di tingkat 80 persen

iPhone mungkin akan semakin panas selama pengisian. Untuk memaksimalkan masa pakai baterai Anda, jika baterai menjadi terlalu panas, perangkat lunak dapat membatasi pengisian daya di atas 80 persen. Daya iPhone akan kembali diisi saat temperatur menurun. Coba pindahkan iPhone dan pengisi daya ke lokasi yang lebih dingin.

iOS 13 dan versi lebih baru menggunakan Pengisian Daya Optimal agar baterai lebih awet dengan mengurangi waktu pemakaian iPhone dalam kondisi baterai penuh. iPhone menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk memahami rutinitas pengisian daya harian Anda sehingga perangkat dapat menunggu hingga Anda perlu menggunakan iPhone untuk menyelesaikan pengisian daya hingga melewati 80 persen.* Pengisian Daya Optimal hanya aktif saat iPhone memprediksi bahwa perangkat akan dihubungkan ke pengisi daya untuk jangka waktu yang lama.

* Informasi mengenai rutinitas pengisian daya Anda hanya disimpan di iPhone Anda. Informasi ini tidak termasuk dalam cadangan dan tidak dibagikan dengan Apple.

Jika ada peringatan yang menyatakan bahwa aksesori tidak didukung atau tidak disertifikasi

Peringatan tersebut dapat muncul karena beberapa alasan: Perangkat iOS mungkin memiliki port pengisi daya yang rusak atau kotor, aksesori pengisi daya cacat, rusak, atau tidak resmi Apple, atau pengisi daya USB tidak didesain untuk mengisi daya perangkat. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bersihkan debu dari port pengisian daya di bagian bawah perangkat.
  2. Mulai ulang perangkat:
    • iPhone
    • iPod touch
  3. Coba kabel atau pengisi daya USB lain.
  4. Pastikan Anda memiliki iOS versi terbaru.
  5. Hubungi Dukungan Apple untuk mengatur servis.

Tanggal Dipublikasikan: